4 Cara Beli Rumah Pakai Uang THR Yang Bisa Dilakukan!

Beli rumah pakai uang THR
Sumber: ekbis.sindonews.com

Beli rumah pakai uang THR – Selain merayakan kemenangan atas perjuangan selama sebulan menahan nafsu, ada beberapa hal yang ditunggu saat lebaran. Bagi pegawai ketika mendapatkanTunjangan Hari Raya atau THR menjadi momen yang membahagiakan, sebab dana dari THR dapat digunakan untuk berbagai macam hal.

Biasanya uang THR dibagikan perusahaan saat dua minggu sebelum hari raya. Tak hanya untuk membeli kebutuhan lebaran, uang THR yang diterima bisa Anda gunakan untuk membeli rumah impian. Apa lagi saat ini pemerintah melarang untuk mudik ke luar kota.

Maka Anda dapat memanfaatkan dana THR yang didapatkan untuk membeli hunian. Bagaimana cara memanfaatkannya? Anda dapat melakukan beberapa tips ini saat Anda ingin membeli rumah dengan dana THR, melansir dari 99.co.

1. Uang THR Digunakan untuk DP

Uang thr untuk dp rumah
Sumber: economy.okezone.com

Bila Anda memasuki tahap awal pembelian rumah, Anda dapat menggunakan uang THR untuk membayarkan DP rumah. Pastinya, untuk membeli suatu hunian, diperlukan Down Payment (DP) atau uang muka sebagai tanda keseriusan membeli.

DP juga berfungsi sebagai uang jaminan serta untuk membantu meringankan cicilan kredit kedepannya. Maka, semakin besar uang muka yang diberikan, semakin ringan pula cicilan yang harus dibayarkan. Uang THR yang Anda dapatkan dapat disisihkan dan dikumpulkan untuk DP rumah.

Baca juga: Cara tepat memulai investasi rumah agar banyak untung

Namun perlu diingat, sebelum menyisihkan uang THR, pastikan Anda telah menghitung berapa persen untuk kebutuhan lainnya. Untuk menghitung besaran yang tepat, Anda dapat mengambil 50% sampai 60% dari uang THR. Meskipun jumlahnya tidak begitu besar, dari dana tersebut akan tetap meringankan cicilan Anda.

2. Digunakan untuk Cicilan Kredit

Selain digunakan untuk membayar DP rumah, uang THR yang Anda dapatkan juga bisa digunakan untuk dana cicilan kredit rumah. Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan cicilan. Bila angsuran rumah bulan ini belum dibayar, Anda dapat mengambil setengah dari uang THR Anda untuk dipakai membayar cicilan.

Sementara bila Anda telah membayarkan cicilan kredit rumah untuk bulan ini, Anda sebaiknya menyimpan uang THR untuk cicilan di bulan berikutnya. Hal ini dapat membantu Anda memangkas jumlah cicilan per-bulan selama masa tenor berjalan.

Hasil dari pemotongan uang, bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan primer atau sekunder lainnya. Dengan begini tentu akan lebih meringankan Anda.

3. Menggunakan THR untuk Melunasi Hutang

Tak perlu dipungkiri, mencicil rumah merupakan tanggung jawab yang sangat besar. Sebab, angsuran yang dibebankan harus dibayarkan tepat waktu. Kalau terlambat dari waktu yang ditetapkan, Anda dapat menerima sanksi dari developer. Pasti semuanya tidak menginginkan perihal itu terjadi.

Biasanya hal ini terjadi dikarenakan beratnya uang cicilan yang dibebankan, atau banyak keperluan lain yang harus dibayarkan seperti misalnya hutang. Sebaiknya, sebelum membeli rumah, Anda harus memastikan semua hal terkait piutang sudah lunas agar cicilan yang harus dibayarkan tidak memberatkan Anda.

Baca juga: Tips pintar investor properti pemula agar bisnis selalu jalan

Namun, banyak kasus harus berhutang terlebih dahulu agar memperoleh dana untuk membeli rumah. Jika Anda mengalami masalah yang sama, Anda dapat menggunakan uang THR untuk melunasi hutang itu. Meskipun tipsi ini terlihat remeh, namun bila hutang Anda sudah terbayar lunas, maka cicilan rumah dijamin akan lebih ringan.

4. Mengembangkannya Jadi Investasi

Tips berikutnya untuk memanfaatkan uang THR Anda adalah dengan membeli rumah yang dikembangkan untuk investasi. Bila cicilan rumah Anda sudah lunas dan tidak mempunyai beban hutang lainnya, Anda dapat memanfaatkan uang THR untuk berinvestasi properti.

Namun, pastikan bahwa kondisi keuangan Anda sudah stabil serta cukup aman sebelum Anda memutuskan untuk masuk ke bidang ini. Dengan menjalankan investesi properti, Anda akan terbantu untuk tabungan masa depan. Banyak jenis investasi properti yang dapat Anda pilih, seperti misalnya sewa rumah atau kontrakan, kos-kosan, ruko, dan apartemen.

Untuk memperoleh informasi berita properti yang menarik dan proyek yang legalitasnya aman hanya di amertaproperty.com.

Sumber artikel: 99.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *