Cara Tepat Memulai Investasi Rumah Agar Banyak Untung

Cara Tepat Memulai Investasi Rumah Agar Banyak Untung
Sumber: koinworks.com

Cara Tepat Memulai Investasi Rumah Agar Banyak Untung – Rumah merupakan salah satu aset yang berharga dengan memiliki nilai jual yang meningkat di setiap tahunnya. Tak heran bila investasi rumah menjadi salah satu jenis investasi properti yang menjanjikan.

Adanya capital gain dan pendapatan sewa menjadikan setiap orang yang berinvestasi pada rumah mendapatkan keuntungan yang lebih dari harga beli. Supaya dapat memperoleh hasil maksimal dari berinvestasi rumah, maka dari itu ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memulai investasi rumah.

Seperti bagaimana sebaiknya Anda menentukan jenis rumah yang akan dijadikan investasi atau bagaimana menentukan lokasi yang tepat untuk berinvestasi rumah.

Berikut beberapa hal yang wajib menjadi pertimbangan Anda untuk memulai investasi pada bidang rumah, dilansir dari daya.id:

1. Mempertimbangkan Keuangan

Tujuan utama Anda memulai investasi rumah adalah agar mendapatkan keuntungan dan keuangan menjadi lebih baik. Dengan membeli rumah dan menjualnya kembali, Anda akan mendapatkan keuntungan. Cara lainnya Anda bisa juga dengan menyewakan rumah yang sudah Anda beli.

Baca juga: Tips pintar investor properti pemula agar bisnis selalu jalan

Sebelum membeli rumah, Anda harus mempertimbangkan kembali keuangan Anda, hal ini sangat penting agar Anda dapat menentukan harga rumah yang akan dibeli. Tak hanya itu, Anda juga tidak boleh melewatkan menghitung DP yang harus dibayarkan dan juga cicilan setiap bulannya bila Anda membeli dengan skema kredit.

Mempertimbangkan Keuangan
Sumber: bali.tribunews.com

Bila Anda masih bingung atau ragu, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli perencanaan keuangan supaya Anda mendapatkan advice atau saran yang akurat dari ahlinya. Anda juga dapat mengambil keputusan ketika akan memulai investasi rumah. Dengan melakukan hal ini, kondisi keuangan Anda dapat stabil dan terjaga.

2. Menentukan Lokasi dan Jenis Rumah

Menentukan Lokasi dan Jenis Rumah
Sumber: rumah123.com

Memilih lokasi yang tepat menjadi hal penting yang perlu dilakukan bila Anda ingin membeli rumah untuk berinvestasi. Lokasi yang kurang strategis akan mempersulit menjaring calon penyewa atau pembeli. Nilai jualnya pun akan akan lebih rendah dari harga rata-rata bangunan.

fasilitas di sekitar lokasi juga menjadi nilai tambah dari rumah yang akan diinvestasikan, seperti tersedianya fasilitas publik, tempat ibadah, sarana transportasi, lain sebainya. Memilih rumah yang dekat dengan tempat wisata juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Menyiapkan Modal Untuk DP

Menyiapkan Modal Untuk DP
Sumber: bareksa.com

Bila Anda ingin membayar cicilan yang ringan, maka Anda harus membayarkan DP dengan jumlah yang lebih besar. Ada baiknya Anda menggunakan uang darri tabungan Anda untuk membayarkan DP rumah. Karena bisa terjadi tidak kestabilan bila Anda mengeluarkan uang dari dana kebutuhan Anda.

Baca juga: Hindari pembayaran dengan kredit dan kta untuk dp rumah, ini penyebabnya

4. Mempertimbangkan Metode Pembiayaan Lainnya

Meminjam uang dari keluarga atau teman bisa menjadi pilihan bila Anda belum mempunyai modal yang cukup. Sebab, bila Anda meminjam dari orang terdekat maka Anda tidak perlu membayarkan bunga yang tinggi. Walaupn begitu, Anda harus berkomitmen untuk membayar hutang itu secara tepat waktu.

5. Menyiapkan Rumah untuk Disewakan

Menyiapkan Rumah untuk Disewakan
Sumber: 99.co

Bila Anda sudah membeli rumah yang sesuai, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan rumah yang akan disewakan dengan menentukan harga sewa. Biaya harga sewa ditentukan dari fasilitas yang diberikan untuk penyewa dan lokasi rumah itu.

Selain untuk mendapatkan keuntungan, harga sewa rumah ini harus menutupi biaya lain yang harus Anda bayarkan seperti cicilan rumah jika rumah yang Anda sewakan masih dalam proses cicilan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat memulai investasi rumah yang bisa Anda terapkan. Mulai dari menyiapkan pendanaan, memilih lokasi rumah yang strategis, meyiapkan modal untuk DP rumah, mempertimbangkan metode pembiayaan, dan mulai melakukan investasi.

Sumber artikel: daya.id

3 thoughts on “Cara Tepat Memulai Investasi Rumah Agar Banyak Untung

  1. Pingback:7 Jenis Investasi Properti Ini Bikin Banjir Uang

  2. Pingback:4 Langkah Aman Membeli Hunian Indent

  3. Pingback:4 Cara Beli Rumah Pakai Uang THR Yang Bisa Dilakukan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *