Inilah Alasan Kenapa Harus Memulai Investasi Properti

Sumber: qazwa.id

Inilah Alasan Kenapa Harus Memulai Investasi Properti – Jika mengulik berbagai investasi yang dimiliki oleh orang-orang super tajir di Indonesia atau di dunia, pasti produk properti ada di dalam portofolio kekayaan mereka. Bukan tanpa sebab, alasan mereka memilik properti karena properti dapat membiakkan kekayaan pemilknya.

Mengutip dari Koinworks.com, properti merupakan sesuatu yang dapat dirasakan secara fisik. Kenaikan harga properti yang pasti menjadi kelebihan nilai dari berinvestasi properti. Sekurang-kurangnya tingkat kenaikan akan seimbang dengan inflasi.

Selain nilai yang akan terus meningkat (capital gain), properti juga dapat disewakan (capital yield), sehingga pemilik properti dapat menikmati keuntungan dari instrument sekaligus gain maupun yield. Menurut Pakar Properti Panangian Simanungkalit yang dikutip dari Rumah.com, investasi properti pasti lebih mnguntungkan dibandingkan dengan investasi saham terkhusus bila situasi krisis.

Baca juga: Simak! 10 jenis pondasi rumah beserta klasifikasi dan fungsinya

Mungkin kita sering mendengar nilai saham yang menurun seperti dari 500 menjadi 50, hal ini tidak pernah dialami oleh produk properti mau bagaimana pun situasinya. Ketika beinvestasi pada saham, banyak perusahaan yang datang dan pergi bahkan perusahaan yang berusia lebih dari 200 tahun di Amerika saat terjadi krisis finansial dapat hancur dan runtuh.

Sementara tanah di daerah Jakarta dan sekitarnya, sejak 500 tahun lalu sampai saat ini hanya itu saja, dengan melihat dari hal ini, properti lebih solid berdasarkan finasial aset. Bila saham naik 10 persen maka nilai kekayaan yang dimiliki menjadi Rp. 550 juta.

Sedangkan bila properti naik 10 persen, karena telah dibeli hanya dengan Rp. 50 juta, berarti keuntungan yang akan didapatkan mencapai 100 persen sehingga sangat jelas bedanya dibandingkan dengan berinvestasi saham. Bila Anda memilih lokasi sunrise, maka sisi kenaikannya pun semakin menarik.

Kenaikan yang didapat bisa mencapai 20 persen per tahun dari rental yield 5-7 persen dan kenaikan harga 13-15 persen. Sementara jika Anda berinvestasi pada saham, kenaikan paling tinggi adalah 9 persen per tahun. Maka dari sisi manapun properti lebih unggul untuk berinvestasi, hanya saja banyak orang belum paham mengenai perbedaan ini.

Lalu bagaimana cara untuk berinvestasi properti? Ada beragam cara bila Anda ingin memulai invetasi properti. Dilansir dari Rumah123.com, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan bila ingin memulai investasi:

1. Investasi Properti Sewa Cara paling umum yang dipilih banyak orang ketika memulai investasi properti adalah dengan membangun atau membeli properti secara pribadi. Jika hanya sebatas kepemilikan, keuntungan yang ingin didapatkan tidak akan begitu terasa.

Baca juga: Kelebihan serta kekurangan dalam berinvestasi tanah

Ditambah bila Anda memiliki target profit dalam jangka waktu singkat. Memulai bisnis sewa dapat menjadi pilihan untuk mendapatkan penghasilan pasif secara berkala tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Bila Anda mempunyai kesibukan tapi ingin memiliki penghasilan tambahan, maka bisnis sewa properti menjadi pilihan yang bisa dipilih.

2. Bisnis Flip Properti Bisnis flipping mungkin masih asing di Indonesia, namun bukan berarti bisnis ini tidak memberikan keuntungan. Dikutip dari Okezone.com, bisnis flip properti adalah saat Anda membeli rumah dan kembali menjualnya dalam waktu yang singkat dengan tujuan mendapatkan keuntungan dari selisih harga.

3. Investasi Properti Daring (Online) Tak hanya melulu investasi saham, kini investasi properti juga dapat dilakukan secara online melalui platform khusus yang terhubung ke property asset dengan para investor. Namun, pastikan kembali transaksi yang Anda lakukan sudah aman, tentu saja agar Anda mendapatkan keuntungan tanpa mengalami kerugian.

Sumber artikel: artikel.rumah123.com

1 thought on “Inilah Alasan Kenapa Harus Memulai Investasi Properti

  1. Pingback:Bisa Dilakukan Sambil Beraktifitas, Survey Online Manjadi Solusi Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *