Rincian Biaya Hidup di Bogor Per-Bulan Menurut BPS

Biaya hidup di bogor
Sumber: megapolitan.kompas.com

Biaya Hidup Di Bogor – Ingin tinggal di Bogor? Kota yang letaknya tidak jauh dari Kota Jakarta.Kota Bogor bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda yang sedang mencari rumah. Selain letaknya yang dekat dengan Jakarta, tinggal di Kota Hujan ini juga mempunyai banyak keuntungan lainnya.

Sebelum menetap di Kota Hujan ini, ada baiknya Anda mengetahui rincian biaya hidup di sana. Lalu berapa rata-rata biaya hidup di Bogor menurut Badan Pusat Statistik? Ada yang mengatakan bahwa biaya hidup di kota satu ini cukup terjangkau.

Sebetulnya, untuk mengetahui biaya hidup rata-rata di suatu kota, Anda dapat melihatnya dari hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS). Lalu, apakah biaya hidup di Kota Bogor tergolong murah atau mahal? Simak hasil surveinya berikut ini, yang dilansir dari 99.co.

1. Biaya Hidup di Bogor Menurut Survei BPS

Sampai saat ini, biaya hidup sering menjadi perdebatan dikarenakan untuk menentukan biaya hidup itu, tergantung pada individu dan kelompok pendapatan. Namun, BPS sudah melakukan Survei Biaya Hidup (SBH) 2018 yang diliris pada November tahun lalu.

Baca juga: 6 Kelebihan membeli hunian di bogor, dekat dari ibukota

Dalam pengertiannya, SBH merupakan survey pengeluaran konsumsi rumah tangga yang telah dirilis setiap lima tahun sekali. Hasil survei SBH yang dilakukan menjadi dasar perhitungan indeks harga konsumen (IHK).

2. Jumlah Biaya Hidup per- Rumah Tangga

Untuk mengetahui biaya hidup di Bogor, dapat dilihat dari rata-rata pengeluaran. Untuk menghitungnya yakni, rata-rata pengeluaran dibagi per-rumah tangga dan per-kapita. Dari hasil survei yang dilakukan, bahwa biaya hidup di Bogor untuk per-rumah tangga mencapai Rp. 12.013.649 per-bulan.

Total biaya ini terdiri dari konsumsi per-rumah tangga yakni Rp. 9.853.507 serta non konsumsi sebesar Rp. 2.160.142. Perlu diperhatikan bahwa pengeluaran ini dengan rata-rata jumlah anggota rumah tangga 3,9.

3. Jumlah Biaya Hidup per-Kapita

Bila sebelumnya dari biaya hidup per-rumah tangga, maka untuk biaya hidup per-kapita atau per-orang tentu berbeda. Dari hasil survei yang dilakukan bersamaan, rata-rata jumlah atau total biaya hidup per-kapita di Bogor mencapai Rp. 3.080.423 untuk per-bulannya.

Total biaya ini terdiri dari pengeluaran konsumsi sebesar Rp. 2.526.540, sedangkan untuk total pengeluaran non konsumsi adalah Rp. 553.883. Walau demikian, tentu total biaya hidup itu tergantung dari kelompok pendapatan.

4. Rata-rata Pengeluaran Perumahan

Pengeluaran perumahan ini dapat dilihat dari biaya hidup perumahan seperti air, listrik, dan bahan bakar. Menurut hasil survei yang diolah oleh BPS, rata-rata pengeluaran untuk sewa dan kontrak rumah di Bogor adalah Rp. 1.256.014 untuk per-bulan.

Sementara untuk rata-rata pengeluaran bagi pemeliharaan, perbaikan, serta keamanan tempat tinggal yakni sebesar Rp.220.338. Sedangkan untuk rata-rata pengeluaran penyediaan air dan layanan perumahan lainnya tercatata sebesar Rp. 247.701.

Selanjutnya, rata-rata pengeluaran listrik dan bahan bakar rumah tangga tercatata mencapai Rp.546.970.

5. Rata-rata Pendapatan

Selain melakukan berbagai survei di atas, BPS juga telah merilis rata-rata pendapatan per-rumah tangga dan per-kapita untuk per-bulan di Bogor. Dari survei itu, tercatat rata-rata pendapatan rumah tangga selama sebulan di Bogor mencapai Rp. 14.502.145 untuk jumlah anggota keluarga 3,9.

Baca juga: Pemekaran bogor barat, maksimalkan pelayanan & pembangunan

Sedangkan untuk rata-rata pendapatan per-kapita atau per-jiwanya yakni sebesar Rp. 3.718.499. Sementara itu, rata-rata gaji yang diperoleh mencapai Rp. 8.182.070.

6. UMK Bogor

Selain Jakarta dan Tangerang, Bogor menjadi salah satu wilayah dengan upah kerja minimum yang tinggi. Saat ini, UMK Kota Bogor tercatat sebesar Rp. 4.169.809, angka ini masih sama dengan UMK terakhir pada 2020. Sedangkan untuk upah Kabupaten Bogor mencapai Rp. 4.217.206.

Dengan melihat rata-rata biaya hidup di Bogor menurut hasil survei BPS, apakah Anda sudah tertarik untuk tinggal di Kota Hujan ini? Selain dekat dengan Jakarta, ada keuntungan lainnya yang ditawarkan kota Bogor, yakni banyak kuliner khas yang enak dan beragam.

Harga makanan di Bogor juga masih terbilang terjangkau bagi beberapa segmen. Selain itu, Bogor juga dilengkapi sarana dan prasarana, mulai dari pendidikan, kesehatan, pusat belanja, hingga tempat wisata yang bernuansa alam. Di Bogor juga terdapat berbagai perumahan yang menarik dengan harga yang beragam.

Nah, untuk mendapatkan informasi berita yang lain seputar properti dan proyek yang sudah terverifikasi legalitasnya di amertaproperty.com.

Sumber artikel: 99.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *